Dibalik Bayangmu


Dibalik bayangmu



Sms :

Saya : heh

Edo : apa

Saya : lagi apa ?

Edo : lagi tiduran aja, lu ?

Saya : lagi nonton tv. Yaudah istirahat ya

Edo : iyaa


Selalu berakhir seperti itu. Sikap ku untuk basa-basi dengannya sekarang sudah tidak se-akrab seperti  dulu. Aku yang lebih dulu mengirim sms untuk nya. Ingin mengetahui apa yang dia lakukan di setiap hari nya. Memberi semangat di setiap kegiatan edo. Edo adalah temanku. Ya, mungkin akan selama nya menjadi teman. Aku mengenal nya melalui teman sekolah ku dulu, devi nama nya.

Dulu aku memang pernah minta diperkenalkan dengan temannya devi-tapi aku tidak menyangka, perkenalanku dengan edo hanya berakhir seperti ini. Sebenarnya aku punya tujuan jika nanti nya aku mendapat teman kenalan dari devi. Tujuan itu adalah status. Status lebih daripada teman.

Perkenalan kami pun mengasyikan. Pertama, edo yang mulai sms ku. Dari cara pengetikan sms edo pun, aku mulai tertarik pada nya. Aneh memang. Tapi, bukankah jatuh cinta itu bisa datang dari sisi apa saja?  Edo juga baik. Dia respect. Pintar. Dia seorang mahasiswa di universitas swasta di Jakarta. Usia ku berbeda 1 tahun dengannya. Dia kelahiran 1995, sementara aku 1994, tapi dengan tahun kelulusan yang sama, yaitu 2012. Kami juga saling bertukar profile facebook. Melihatnya dari facebook, ketertarikan ku pada nya semakin bertambah.

Dulu, kami sama-sama saling memberikan perhatian. Untuk tidak lupa makan siang,misalnya. Tapi sekarang, boro-boro untuk memberikan perhatian, menyapa nya lewat sms pun aku ragu. Karena aku merasa, hubungan kami tidak se-cair seperti dulu. Semenjak pertemuan kami gagal.

Waktu itu, aku mengajaknya bertemu. Dari malam aku sudah mengingatkannya dan menanyakan edo mau bertemu dimana. Di sms, dia bilang “ bebas “ mau bertemu dimana. Aku pun menentukan halte bus di Harapan Indah Bekasi untuk kami bertemu. Aku mengirimi dia lima kali sms. Dan, tidak ada satu pun balasan sms nya. Tapi delivered.

Aku mencoba menunggu. Hingga aku memutuskan untuk ke rumah devi. Kebetulan rumah edo tidak jauh dari rumah devi. Aku pun langsung sms edo, memberi tahu keberadaanku sekarang. Mungkin, dengan dia mengetahui keberadaanku, dia akan membalas sms ku. Tapi ternyata, sampai aku bosan mengobrol dengan devi pun, balasan sms tak kunjung datang. Aku memutuskan untuk pulang. Karna malam sudah semakin larut. Di perjalanan pulang, aku menangis. Menangis karna pertemuan yang sudah aku impikan dan aku rancang tidak dapat terlaksana.

***

Pagi hari, jam menunjukkan pukul 09.15. aku selesai membereskan rumah. Aku duduk ditempat tidur sambil membuka account facebook-ku. Edo men-chat ku di kontak online fecebook.

“ heh “ edo memulai pembicaraan itu

“ apa ? “ jawabku

“ invite pin gue 35ds47a3, hp yang ono lupa naro nya dimana “ dia mencoba menjelaskan

“ iyaa “

“ okeee “

Aku pun menutup sementara account facebook-ku. Aku langsung mengarahkan trackpad ku ke arah BBM. Meng-invite pin edo. Masih terpending juga. Aku membuka kembali percakapan di facebook. Kebetulan edo masih online.

“ do, jadi lo belum baca sms gue yang dari sore itu? “ tanyaku

“ belum. Hp nya engga tau ada dimana “

“ terus, lo lupa sama janji lo yang mau ketemu gue itu? “

“ engga, engga lupa “

“ terus, kenapa engga coba berusaha menghubungi gue do? “

“ ya gue engga tau gimana cara menghubungi lo nya “

“ ya ampun,. Gue tuh lima kali sms lo. Sampai ke rumah devi juga, deket rumah lo, tapi lo engga bales sms gue juga, gilaaaaa “ ucapan ku mulai tidak enak di dengar.

“ maaf ya do, gue kasar. Cuma, gue pengen lo tau aja “ aku menambahkan.

Aku pun mengakhiri percakapan itu. Aku terdiam kemudian. Aku salah. Perkataanku kasar terhadap edo. Aku marah karna kenapa dia tidak ada usaha untuk mencoba menghubungi aku jika pada malam itu dia mengiyakan untuk bertemu? Tapi, pantaskah aku marah? Pantaskah aku berkata kasar dengan edo? Aku rasa tindakan ku wajar. Wanita manapun jika diposisi ku pasti marah, protes…

Beberapa hari berlalu semenjak pertemuan itu gagal. Kontak edo ada di BBM ku. Kekakuan sudah muncul semenjak perkataan kasar ku di facebook, mungkin. Aku pun memberanikan diri untuk menyapa nya. Ingin meminta maaf atas kejadian itu. Kejadian yang membuatku dengannya semakin jauh L

“ do “

“ iyaa “

“ gue mau minta maaf, perkataan gue waktu di fb kasar banget, maaf ya “

“ iya rena, tenang aja sih “

“ beneran? “

“ iya, serius deh “

“ makasih ya “

“ iya “

Aku pun lega. Edo memaafkan ku.  Tapi dilihat dari percakapan nya, kami sudah tidak sedekat dulu.

***

Semakin hari aku semakin jauh dengan edo. Aku tidak berani memulai percakapan dengannya lewat chat BBM. Aku hanya menunggu recent update tentangnya. Display picture serta personal messages nya. Andai kamu tau do, sakit sekali menahan rindu ini. Aku selalu menginginkan kamu untuk berada disampingku. Memberi semangat ketika aku lelah bekerja. Memberimu kekuatan disaat kamu kuliah. Selalu bermimpi seperti itu.

***

Aku mencoba mencari kesibukan diluar pekerjaanku sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta. Aku mencoba membuat serta menulis blog. Menulis tentangmu pasti nya do…. Semenjak Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) aku memang hobi menulis cerpen. Sayangnya, waktu itu aku belum mempunyai media untuk merealisasikannya.

Hingga suatu malam, aku mengganti personal messages ku di BBM “ sejak kapan gue hobi merangkai kata ? pasti karna sering nulis entri nih “ . tidak lama aku meng-update personal messages ku, edo men-chat ku.

“ suka sajak ? “

“ engga ko “

“ eh kirain “

“ paling engga bisa malah. Kenapa emang ? “

“ ya nanti kita main sajak-sajakan “

“ gue lebih suka merangkai kata kaya nasihat gitu, sama nulis cerpen “

“ sama, gue juga nulis cerpen. Buat puisi, terus dijadiin lagu “

“ waaah… pasti pas sekolah nilai bahasa Indonesia nya bagus tuh “ puji ku waktu itu

“ hehe ya gitu. Gue juga pernah bikin cerpen tentang kisah tante gue. Tapi file-nya rusak. Oh iya, lo engga mau dengerin lagu nya apa ? “ edo menawarkan ku untuk mendengarkan  puisi yang dia jadikan lagu. Tentu saja aku mau. Do, andai kamu tau, saat itu, my hearts beat. Senang bukan main ketika kamu menyapa ku duluan. Setelah sekian lama. Satu yang aku yakin, bahwa kamu masih respect dengan teman kenalan mu ini.

Dua buah lagu pun dikirim edo. Yang pertama judul nya “ dibalik bayangmu “. Edo bilang, lagu itu mengisahkan kisah cinta teman nya. Begitu lagu masuk, aku langsung mendengarkan nya. Sungguh, lagu yang indah. Permainan gitar nya tidak fals, suara nya bagus. Lirik nya mudah dipahami. Justru lirik nya itu menggambarkan perasaanku kepada edo.

Semenjak conversation di BBM itu, aku kembali dekat dengan edo. Lagu yang dia kirimi sering aku putar ketika break di sela-sela pekerjaan ku. Sampai pernah, bagian dari lirik “ dibalik bayangmu “ aku jadikan personal messages di profile BBM-ku.

Tidak lama aku mengganti personal messages ku, edo langsung men-chat ku.

“ ciye pm nya “

“ hehe, itu lirik lagu lo tau “

“ iyaa, tau kooo “

“ gue suka banget, soal nya lagu nya enak “

“ ah masa “

“ iyaaaa “

Bercandaan itu cair kembali. Aku tersenyum sendiri membaca nya. Aku memberanikan diri untuk memulai ajakan untuk mengajak nya bertemu kembali.

“ do, ketemu yuk… “

“ boleh, nanti sore yaa “

“ iya, gue pulang jam 8 malam do “

“ yaudah engga papa ko “

“ apa mau jam  9 nya aja ? “

“ boleh koo “

“ tapi, mau ketemu dimana ? “

“ terserah “

“ di deket rumah gue aja ya “

“ yaudah, gue juga lagi main ke daerah sana “

“ yaudah nanti gue BBM lagi kalau udah sampai rumah ya “

“ ok “

Percakapan pun berakhir. Aku tidak menyangka, hari ini aku akan bertemu dengan edo. Di tempat yang mudah di temui. Dia tau daerah  rumah ku. Kebetulan dia lagi bermain di dekat rumah ku. Aku pulang kerja pukul 20.00, akan ku usahakan sebisa mungkin, aku harus bertemu. Aku tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Tidak ingin kejadian lalu terulang kembali, sungguh….


Aku terburu-buru. Mempercepat langkahku menuju tempat pemberhentian metro mini 42. Sekitar 10 menit menunggu, yang ditunggu akhirnya datang. Aku segera menaiki nya. Di dalam metro, aku menghubungi edo lagi lewat BBM. Aku bertanya apakah dia masih di rumah teman nya atau tidak.

***

Sampai di rumah, edo membalas bbm-ku. Dia bilang, dia masih di rumah teman nya. Aku pun mengingatkan nya kembali, mau jam berapa bertemu. Pada waktu itu, jam menunjukkan pukul 21.00.

“ do, masih di rumah temen ?  jadi engga, ketemu nya ? “

“ iya nih, masih. Malem-an aja, mau ? “

“ malem-an nya jam berapa ? “

“ jam 10-an “

“ yaudah engga papa. Nanti kalo udah sampan Gang, bbm aja ya “

“ okeee “

Sementara edo masih di rumah teman nya dan waktu masih menunjukkan pukul 21.00, aku memutuskan untuk membeli nasi goreng di dekat rumah. Baru dua suap aku menyantap nasi goreng ku, edo meng-PING ku. Dia bilang, kalau dia lagi on way. Aku pun bilang kepada nya, kalau sudah sampai gang bbm aja. Dia pun mengiyakan nya.

Tidak lebih dari lima menit, edo kembali meng-PING ku berkali-kali. Aku pun membuka bbm-ku.

“ gue udah sampe nih “

“ serius ? cepet banget “

“ iya “

“ yaudah tunggu “

Aku pun langsung berganti baju. Memakai jilbab merah ati bermotif kupu-kupu kesukaanku. Aku memakai jeans dan baju lengan panjang berwarna hijau tosca. Aku berusaha rapih semaksimal mungkin. Walau cuma ketemu sebentar. Aku berjalan cepat, tak ingin edo kecewa karna terlalu lama menunggu. Sebelum sampai di gang, aku duduk di sebuah warung kecil. Duduk, lalu membuka hp.


“ gue pake baju ijo nih “

“ dimana ? gue engga keliatan. Gue bertiga sama temen gue “

Aku langsung menaikkan kepala ku. Berusaha mencari edo bersama dua orang temannya di tengah malam yang sudah semakin gelap. Yap, mataku tertuju pada tiga orang pria tepat di depan gardu depan jalan raya. Pasti itu edo. Aku pun memberanikan diri melangkah. Jantung ku berdetak sangat kencang.

Edo berbalik badan. Turun dari motor nya. Menyapaku-mengulurkan tangan nya. Aku pun mengulurkan tangan ku.

“ rena ya “

“ iya. Terus ? “ aku bertanya sambil menatap muka nya. Menegaskan wajah nya dengan dalam

“ hemm, yaudah gue balik ya “

“ hah? Oh yaudah “

Edo membalikkan badan dan menaiki motor bersama dua orang teman nya. Teman nya pun menatap ku lalu tersenyum. Tanda mereka pamit. Aku masih berdiri melihat edo dan kedua temannya hingga tak terlihat di jalan. Setelah hilang, aku berbalik. Pulang. Menyeimbangkan detak jantungku yang sedari tadi tidak beraturan. Ada rasa menyesal. Seperti ini ? sesingkat inikah ?

***

Sesampai nya di rumah, aku menunggu bbm dari edo. Apakah dia akan men-chat ku lebih dulu, setelah kami bertemu atau sebaliknya ?

Ternyata dia bbm-ku…..

“ yee udah ketemu kan ? “

“ iya, tapi sebentar banget “

“ iya tadi gue buru-buru. Mau hujan. Temen gue rumah nya di Bekasi “  edo menjelaskan

“ oh gitu. Lo lucu tau do “ ledek-ku

“ lucu kenapa dah “

“ ya lucu aja. Tadi gue liat muka lo kaku banget hehe. Sumpah, ini pertemuan yang lucu, singkat dan aneh “

“ ya biarin, biar berkesan “

“ tadi pas ketemu engga se-akrab ini “

“ ya karna waktu nya kurang “

“ hehe lain kali aja gitu ya do “

“ iyaaa “

“ hehe, nyesel engga do, ketemu gue ? ” tanyaku

“ ya engga lah, masa iya nyesel “

“ kirain gitu “

“ et dah ngomong apa si “

Ya tuhan do.. benar yang dikatakan devi, bahwa kamu tidak melihat wanita dari cover depan wanita saja. Aku senang. Sangat senang. Bahagia malah. Kenapa engga dari dulu aku menerima ajakan dia untuk bertemu. Dulu, jauh sebelum rencana pertemuan yang pertama gagal, edo yang selalu ingin bertemu denganku. Hanya saja aku yang selalu menolaknya. Karna aku belum siap dan tidak percaya diri dengan nya. Alasan aku menolak nya karna aku takut, jika nanti aku bertemu, edo tidak merasakan apa yang seperti aku rasakan. Alasan bodoh bukan?

***

Setelah bertemu, kami jadi saling bebas untuk berkomunikasi. Baik edo atau aku. Tidak adalagi gengsi untuk memulai pembicaraan lewat chat bbm. Jujur, aku yang lebih sering memulai nya.  Menanyakan sedang apa dan bagaimana dengan kuliahnya. Hampir setiap hari, aku menghubungi edo, baik lewat bbm ataupun sms. Sampai suatu ketika, aku berkata jujur pada nya lewat sms. Disitu aku bilang, bahwa aku merindukannya. Apalagi jika tidak ada kabar tentang diri nya. Untuk tidak sms edo pun, aku tidak bisa. Ini bodoh sebenarnya. Apa yang aku lakukan adalah diluar status ku sebagai wanita. Tapi menahan nya sendiri, itu jauh lebih sakit daripada tidak diungkapkan langsung kepada orang nya.

“ do, boleh jujur engga? “

“ boleh ko… “

“ eh engga jadi deh “

“ yeee, apaan emang? Jujur aja sih “

“ gue kangen sama lo do. Engga tau kenapa. Buat engga sms lo aja gue engga bisa. Maaf ya “

“ hehe ya gapapa ko. Gue juga pernah ngerasain kaya lo “

“ maaf ya, udah lancang “

“ hehe selau aja kali “

Kira-kira seperti itu isi sms waktu aku mengungkapkan apa yang aku rasakan kepada edo. Kali ini tidak lewat bbm, karna bbm edo sedang off.

Aku cuma ingin edo tau, perasaanku ke dia tanpa harus aku bilang pada nya bahwa aku menyayanginya lebih dari seorang teman. Jawaban dan respon edo pun dewasa. Dia bilang, bahwa dia juga pernah merasakan apa yang aku rasakan. Aku pun langsung meminta maaf atas kejujuran ku yang aku anggap bodoh itu. Tapi edo memaklumi nya. Dia menganggap ini adalah hal yang biasa. Syukurlah~


***

Sudah lebih dari satu pekan, aku dan edo tidak berkomunikasi. Entah itu lewat bbm ataupun sms. Aku tidak ingin memulai nya. Karna aku malu. Malu ketika waktu itu aku berkata jujur pada nya. Aku sadar. Harus nya tidak seperti ini, tidak se-frontal ini. Edo pun tidak sms aku. Disini aku mulai menjauh. Mengambil kesimpulan sendiri, bahwa mungkin, edo ilfeel dengan apa yang pernah aku katakan kepada nya. Sulit sekali melewati fase itu. Fase dimana aku harus menahan diri untuk tidak mengetahui kabar edo, mengurangi ke-agresifan ku kepadanya. Sering kali ketika tengah malam aku pulang bekerja, aku menangis sendiri. Mengingat apa yang pernah terjadi. Melihat pesan yang sekarang sepi tanpa kehadiran edo.

Ada cara lain untuk mengetahui diam-diam kabar edo selain berkomunikasi langsung dengannya lewat bbm atau sms, yaitu dengan men-stalk tweets nya. Aku mengetik username nya di find people. Setelah pencarian ditemukan, aku pun meng-klik bagian tweets nya. Disitu aku bisa tahu, apa kesibukannya dia.


Apakah tindakanku ini gila ?


Setelah mengamati tiap-tiap tweets nya, ada satu hal yang membuaatku menangis untuk yang kesekian kali nya. Edo mention-an dengan wanita. Aku tau siapa wanita itu. Wanita yang kadang memberikan post comment status edo di facebook. Wanita itu bernama ina. Dia seorang mahasiswa jurusan keperawatan di sebuah universitas negeri di Jakarta. Tweets nya edo sudah cukup jelas menggambarkan bahwa mungkin, wanita itu, wanita yang pernah berarti di hidup edo. Aku pun sedikit men-stalk tweets wanita itu. Dia sudah punya seorang kekasih. Tapi mungkin, wanita itu menganggap edo hanyalah teman. Tidak seperti denganku, apa yang dikatakan edo kepada wanita itu sangatlah berbeda. Disitu terlihat jelas bahwa edo sangat peduli dengannya.

Aku terdiam. Termenung. Harusnya dari awal aku sadar diri. Aku dan edo berbeda. Dia mahasiswa, mempunyai level dan criteria tinggi, seperti wanita itu. Tidak seperti aku yang bekerja. Air mata menetes tanpa bilang terlebih dahulu denganku. Tersenyum getir. Oh, mungkin ini kesibukan edo selama satu pekan kami tidak berkomunikasi. Harusnya aku tidak seperti ini, tidak seribet ini. Tidak pantas memikirkan ini terlalu jauh, karna memang, aku bukan siapa-siapa dikehidupan edo.

Aku yang terlalu banyak bermimpi. Bermimpi untuk bisa bersama nya dan membangun masa depan. Tapi dari edo lah, aku mempunyai niat untuk kuliah. Memang sebenarnya aku ingin kuliah, tapi dengan mencari biaya nya terlebih dahulu. Aku ingin seperti wanita itu do, wnita yang sangat kamu hargai. Dan kenapa, kamu sangat sulit untuk aku gapai dan untuk aku raih?

Adakah tembok besar seperti tembok besar cina yang membentengi aku untuk menggapai mu ? apakah dengan alasan latar belakang pendidikan yang membentengi aku untuk meraih mu? Kalau iya, kenapa dulu kamu memberi ruang untuk perasaan cinta itu tumbuh lalu berkembang lama dihati ku do. Dengan perhatian yang dulu sempat kamu  berikan walau hanya lewat sms atau bbm. Apakah aku hanya tempat “pelampiasan” ketika kamu merasa sendirian?

Atau aku yang salah karna terlalu cepat mengartikan semua perhatian mu yang dulu adalah tanda bahwa kamu juga menaruh perasaan yang sama seperti perasaanku kepadamu? Aku tidak menyesal karna menyayangimu do, walaupun kamu tidak sebaliknya. Aku berharap, semoga suatu saat aku bisa seperti wanita itu. Berharap aku bisa menyetarakan posisiku denganmu. Posisi dalam pendidikan terutama.

Sekarang, aku benar-benar harus bisa memimpin diri ku sendiri. Bahwa mengetahui kabar tentang dirimu adalah bukan suatu kewajibanku. Aku hanya teman mu. Teman yang selalu ingin berada di sampingmu., memberi semangat dalam belajarmu, membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk mu wahai yang pernah aku kenal…
Di malam yang sebentar lagi akan larut…
Sebelum aku memejamkan mata untuk terlelap dalam tidur. Aku menerawang ke atas. Mengingatmu dalam bayang. Dirimu yang sekarang menjauh…
Entah dengan alasan apa, yang pasti, sesuatu terjadi karna ada alasannya. Lalu, apa alasan kamu sekarang menjauh dariku? Padahal kita sama-sama sering mengganti display picture lengkap dengan personal messages di masing-masing profile bbm. Tidak ada kata “ heh “ lagi untuk memulai suatu pembicaraan atau sekedar basa-basi.
Jujur, aku yang lebih dahulu menjauh. Memberi jarak. Karena aku malu sudah mengungkapkan apa yang aku rasakan ketika tidak ada kabar tentang dirimu. Aku yang lebih frontal. Harus nya tidak seperti ini. Aku hanya sadar diri. Aku menjauh karna aku tidak ingin membebani dan menggangu hari-harimu dengan sms yang selalu ingin aku kirim ke nomor telefon mu. Tapi ketahuilah do.. sebenarnya aku ingin memberimu semangat dalam belajarmu lewat cinta yang aku punya. Karna aku tau, cinta itu adalah energy. Tapi seperti nya, kamu lebih memilih untuk tidak menerima segala ketulusan perhatianku..


Dear edo hendra guina…
I want you to be a part of my soul, my strength. And I want I can to be a part your future, your life. I want give you more spirit everyday. When you feel tired, when you feel no one care to you. I’ll be there for you do…
Open your heart…
Remember, I want be there for you, beside you, whenever you need me and you want do…

Kamu selalu ada di setiap do’a ku. Dan berharap, aku juga ada di setiap do’a mu. Walaupun ada dibagian akhir dari do’a mu. Berharap kamu lah yang digariskan tuhan untuk ku. Aku hanya bisa melihat perkembanganmu dari jauh.  Berharap suatu saat, kau akan berbalik ke arahku….







A cerpen by : laily syahrini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alfa Fawzan (2)

Alfa Fawzan,

introducing, synopsis